Senin, 20 Agustus 2012

Domain dan URL

Domain
Nama domain (domain name) adalah nama unik yang diberikan untuk mengidentifikasi nama server komputer seperti web server atauemail server di jaringan komputer ataupun internet. Nama domain berfungsi untuk mempermudah pengguna di internet pada saat melakukan akses ke server, selain juga dipakai untuk mengingat nama server yang dikunjungi tanpa harus mengenal deretan angka yang rumit yang dikenal sebagai alamat IP. Nama domain ini juga dikenal sebagai sebuah kesatuan dari sebuah situs web seperti contohnya "wikipedia.org". Nama domain kadang-kadang disebut pula dengan istilah URL, atau alamat website.
Pada awalnya nama domain hanya dapat dituliskan dengan ke-26 abjad Latin, namun saat ini telah dimungkinkan untuk menggunakan abjad asing dengan Internasionalisasi nama domain.


URL(Uniform Resource Locatoradalah alamat khusus yang ditulis secara rinci untuk file tertentu yang bisa diakses oleh pengguna internet atau dengan kata lain URL adalah alamat file secara rinci yang ada di internet. Perlu diketahui, alamat URL tidak hanya mencakup file HTML, namun termasuk juga jenis-jenis file lain yang bisa diakses oleh internet, misalnya file image bertipe .jpg dan .gif.

jenis domain

Generic Domains(domain umum/internasional)
Merupakan domain name yang berakhiran dengan .Com .Net .Org .Edu .Mil atau .Gov. Jenis domain ini sering juga disebut top level domain dan domain ini tidak berafiliasi berdasarkan negara, sehingga siapapun dapat mendaftar.

.com : merupakan top level domain yang ditujukan untuk kebutuhan "commercial" atau perusahaan
.edu : merupakan domain yang ditujukan untuk dunia pendidikan (education) di Amerika
.gov : merupakan domain untuk pemerintahan (government) di Amerika
.mil : merupakan domain untuk kebutuhan angkatan bersenjata (military)
.org : domain untuk organisasi atau lembaga non profit (Organization). seperti; asean, pks, golkar, pdip

2. Country-Specific Domains (domain khusus)
Yaitu domain yang berkaitan dengan dua huruf ekstensi, dan sering juga disebut second level domain, seperti .id(Indonesia), .au(Australia), .jp(Jepang) dan lain lain. Domain ini dioperasikan dan di daftarkan dimasing negara. Di Indonesia, domain-domain ini berakhiran, .co.id, .ac.id, .go.id, .mil.id, .or.id, dan pada akhir-akhir ini ditambah dengan war.net.id, .mil.id, dan web.id. Penggunaan dari masing-masing akhiran tersebut berbeda tergantung pengguna dan pengunaannya, antara lain:
.co.id : Untuk Badan Usaha yang mempunyai badan hukum sah
.ac.id : Untuk Lembaga Pendidikan indonesia
.go.id : Khusus untuk Lembaga Pemerintahan Republik Indonesia
.mil.id : Khusus untuk Lembaga Militer Republik Indonesia
.or.id : Untuk segala macam organisasi yang tidak termasuk dalam kategori"ac.id","co.id","go.id","mil.id" dan lain
.war.net.id : untuk industri warung internet di Indonesia
.net : untuk penyedia jasa internet / ISP (internet service provider)
.sch.id : khusus untuk Lembaga Pendidikan yang menyelenggarakan pendidikan seperti SD, SMP dan atau SMU
.web.id : Ditujukan bagi badan usaha, organisasi ataupun perseorangan yang melakukan kegiatannya di Worl Wide Web.

Nama domain dari tiap-tiap situs di seluruh dunia tidak ada yang sama sehingga tidak ada satupun situs yang akan dijumpai tertukar nama atau tertukar halaman situsnya. Untuk memperoleh nama dilakukan penyewaan domain, biasanya dalam jangka tertentu(tahunan).

sumber: wikipedia.

Sabtu, 18 Agustus 2012

emotional icon

Emoticon (/ ɨmoʊtɨkɒn /) adalah representasi bergambar ekspresi wajah menggunakan tanda baca dan huruf, biasanya ditulis untuk mengekspresikan suasana hati seseorang.

Emoticon yang sering digunakan untuk memperingatkan seorang responden untuk jangka waktu atau kesabaran dari sebuah pernyataan, dan dapat mengubah dan memperbaiki interpretasi teks biasa; emoticon untuk wajah tersenyum :-) dan :-( wajah sedih muncul dalam penggunaan didokumentasikan pertama dalam bentuk digital kata adalah. sebuah kata portmanteau dari kata bahasa Inggris dan emosi ikon. Dalam forum web, instant messenger dan game online, teks emoticon sering secara otomatis diganti dengan gambar yang sesuai kecil, yang kemudian disebut emoticon juga. Beberapa kombinasi karakter yang kompleks dapat hanya dicapai dalam bahasa double-byte, sehingga menimbulkan bentuk terutama yang kompleks, kadang-kadang dikenal dengan nama diromanisasi Jepang mereka kaomoji.

Penggunaan emoticon dapat ditelusuri kembali ke abad ke-19, dan mereka umumnya digunakan dalam penulisan santai dan lucu. Bentuk digital emoticon di Internet, termasuk di dalam proposal oleh Scott Fahlman dari Universitas Carnegie Mellon di Pittsburgh, Pennsylvania, dalam sebuah pesan pada tanggal 19 September 1982


STYLE JEPANG
Jepang gaya

Pengguna dari Jepang mempopulerkan gaya emoticon yang dapat dipahami tanpa kepala satu miring ke kiri. Gaya ini muncul pada NET ASCII dari Jepang pada tahun 1986. [12] [13] emoticon mencari serupa juga digunakan oleh Pertukaran Informasi Byte (BIX) sekitar waktu yang sama. [14]

Emoticon ini biasanya ditemukan dalam format yang sama dengan (* _ *). Tanda bintang menunjukkan mata, tokoh sentral, biasanya garis bawah, mulut, dan tanda kurung, garis wajah.

Emosi yang berbeda seperti (") (-_-) ("), dinyatakan dengan mengubah karakter yang mewakili mata, misalnya "T" dapat digunakan untuk mengekspresikan menangis atau kesedihan (T_T). Penekanan pada mata tercermin dalam penggunaan emoticon umum yang hanya menggunakan mata, misalnya ^ ^. Looks stres diwakili oleh orang-orang seperti (x_x) sementara (-_-;) adalah emoticon generik untuk kegugupan keringat, titik koma yang menunjukkan bahwa terjadi selama kecemasan. Mengulangi / / / tanda (/ / /) dapat menunjukkan rasa malu dengan melambangkan memerah. Karakter seperti tanda hubung atau periode dapat menggantikan garis bawah; periode tersebut sering digunakan untuk mulut, lebih kecil "manis" atau untuk mewakili hidung, misalnya (^ ^.). Atau, hidung mulut / bisa ditinggalkan sepenuhnya, misalnya (^ ^). Tanda kurung juga sering dapat diganti dengan kawat gigi, misalnya {^ _ ^}. Sering kali, tanda kurung yang ditinggalkan sepenuhnya, misalnya ^ ^,> <, O_O, O.O, <<..;. o-o, e_e, e.e dan / atau owo. Tanda kutip ", 'apostrof atau koma, dapat ditambahkan pada emoticon untuk menyiratkan ketakutan atau malu, dengan cara yang sama bahwa penurunan keringat digunakan dalam animasi Asia populer dan umum.

Microsoft IME 2000 (Jepang) atau yang lebih baru mendukung penggunaan kedua bentuk emoticon dengan mengaktifkan Microsoft IME Spoken Language / Emosi Kamus. Dalam IME 2007, ia pindah ke emoticon kamus.

Variasi lebih lanjut dari emoticon dapat dihasilkan dengan menggunakan karakter menggabungkan, misalnya ̼ ⌂ ̺ ͛ ᴖ ̿ ᴥ ̿ ᴖ ̺ ͛ ⌂ ̼ dan 9 (͡ ๏ ̯͡ ๏) 6 dan ᶘ ᵒ ᴥ ᵒ ᶅ.


SUMBER: wikipedia 

Etika Chatting

Etika Chatting
· Harus Sopan, siapa pun partner chatting kita, mengenalnya atau tidak, jangan sampai kita memperlakukan partner chatting dengan tidak sopan, seperti mengetikkan kata-kata porno atau kata-kata yang kasar atau tidak pantas lainnya.
· Jangan memaksakan kehendak, apapun alasan partner chatting sehingga dia tidak mau melayani percakapan dengan kita, kita harus menghormatinya dan tidak boleh memaksanya untuk menjawab atau meladeni percakapan kita.
· Harus Jujur, usahakan untuk menuliskan sesuatu apa pun dengan jujur (kecuali untuk hal-hal yang menyangkut privasi), karena hal ini akan membuat partner chatting kita percaya dan menghargai kita. Yakinlah bahwa sejelek atau seburuk apa pun, jika kita mengatakannya dengan jujur, orang lain akan menghargai kita dengan baik dan mengangkat topi untuk itu. Yang sering kita jumpai (bahkan saya sendiri) adalah sulit untuk mengatakan apa adanya, seperti umur, status, atau perkerjaan.
· Jangan suka mengganggu dan iseng, walaupun partner chatting keliatan online, belum tentu dia mempunyai waktu untuk melakukan chatting dengan kita, siapa tahu dia mempunyai pekerjaan yang memerlukan konsentrasi. Jika demikian, kita tidak boleh mengganggunya atau mengisenginya dengan mengetikkan “BUZZ” terus menerus.
· Jangan pernah membawa SARA, karena hal ini sangat sensitive yang dapat memicu perselisihan dan yakinlah hal ini tidak akan memberi manfaat apa-apa bagi kedua belah pihak.
· Ucapkan salam, tidak ada buruknya jika ucapan salam diterapkan pada saat chatting yang justru dapat menambah suasana keakraban. Pada setiap perjumpaan kita bisa mengetikkan selamat siang, halo, hi, atau senang bertemu Anda kembali, atau jika ingin mengakirinya, bisa mengetikkan selamat tinggal, bye, atau sampai ketemu lagi.
· Jangan menuliskan dengan HURUF BESAR (kapital) karena hal ini mengandung arti teriakan sehingga dapat membuat partner chatting marah atau tersinggung.
· Aktifkan status offline, hal ini dapat menjadi alternative jika Anda sedang sibuk dan tidak ingin “diganggu” chatter lain, dan ini sah-sah saja.
· Jangan terlalu banyak membuka dialog pada saat yang bersamaan, jika Anda tidak ingin dikatakan tidak serius oleh partner chatting Anda, karena harus melayani banyak dialog dengan yang lain. Selain itu, jika sembari menyelesaikan tugas pekerjaan, maka akan sangat mengganggu kelancaran pekerjaan Anda tersebut.
· Jangan lupa minta izin kepada partner chatting, pada saat kita ingin meninggalkan komputer, siapa tahu dia sedang menunggu jawaban dari kita.
· Jika Anda salah masuk room dengan tema yang tidak Anda sukai, jangan sekali-sekali membelokkan tema obrolan sesuai keinginan Anda, kecuali Anda sudah mendapat mandat dari chatter lainnya. Atau lebih baik Anda keluar dari room tersebut.
Selain etika chatting yang telah disebutkan di atas, ada tips chatting lain yang mungkin perlu kita ketahui adalah, antara lain seperti di bawah ini.
· Gunakanlah nickname yang baik dan sopan.
· Jangan menggunakan nama asli sebagai nickname Anda.
· Jangan pernah memberikan alamat dan nomor telepon kepada chatter yang belum Anda kenal sama sekali.
· Jika Anda menggunakan webcam, jangan sembarangan memberi izin kepada chatter yang tidak Anda kenal.
· Jika ingin memview webcam dari partner chatter, harus meminta izin dengan baik-baik kepadanya, kalau pun tidak diizinkan Anda harus menghormatinya.
· Jika harus melakukan copy darat, pastikan Anda tidak sendirian, hal ini untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.
· Jangan pernah melayani chatter yang menggunakan kata-kata kasar atau tidak sopan.
sumber: http://onoid.blogspot.com/2008/03/tips-dan-etika-chatting.html

Cara Chatting

 CARA CHATTING
Langkah pertama yang anda para pemula lakukan untuk memasuki dunia yahoo messenger adalah adanya koneksi internet yang memungkinkan anda memasuki dunia maya. Tidak mungkin anda mampu chatting jika tidak memiliki fasilitas koneksi internet ini.
Kedua. Anda juga memerlukan software yahoo messenger yang terinstal dengan baik dalam komputer anda. Atau kalau anda melakukan koneksi lewat warung internet atau warnet anda harus mencari software ini apakah sudah terinstal atau belum. Saya kira sangat jarang warnet yang tidak menyediakan software ini pada layanan mereka. Kalau kebingungan silahkan download software chat client yahoo messenger disini. Dalam link tersebut terdapat beberapa versi yahoo messenger,versi lama (6 atau 7)versi 8 dan versi 9. Ada juga versi vista. Saya sarankan pilih yang versi 8 or versi 9. Sekedar info, pada bulan agustus mendatang 2009 versi 7.5 kebawah termasuk versi 7 dan 6 sudah tidak  bisa digunakan lagi. jadi ambil versi 8 atau 9 ya :D
Update: untuk anda yang telah menggunakan windows 7 saya sarankan memakai Yahoo Messenger versi 10 atau versi terbaru saat ini (per Juli 2009), Yahoo Messenger 11 Final Version.
Kalau anda pengen chatting lewat handphone kamu, anda bisa memakai software ymessyamee or ymtiny, untuk handphone yang berbasis java. Update: keliatannya ymess, ymtiny dan yamee udah gak bisa dipake lagi, saya sarankan untuk memakai applikasi yahoo messenger untuk mobile phone NEFANASA (bisa dipake juga untuk beberapa versi blackberry atau os symbian. Saran lain anda bisa pake Yahoo Messenger One for mobile keluaran resmi Yahoo: Download di sini. Bisa juga pake multiple client mobile phone seperti fring, ebuddy, palringo, dan masih banyak lagi. Khusus untuk chat client berbasis browser yang tidak perlu diinstall di hp kamu, kamu bisa juga masuk ke yahoo messenge lewatm.heysan.com/yahoo
Beberapa chat client yahoo messenger berbasis web juga tersedia, seperti meebo, atau yang lainnya. Kalau untuk third party chat client dari yahoo messenger kamu bisa pake yahavenyaheliteyazak, dll (Penggunaa chat client yahoo messenger yang dikembangkan oleh pihak ketiga – third party – akan banyak manfaatnya dalam pertahanan oleh serangan flooding bot / yahoo boot atau sebagai anti boot yahoo messenger client- sesuatu yang mungkin belum penting kamu ketahui dalam tahap awal ini tetapi suatu saat pasti bermanfaat). Tapi lupakan tentang hal ini, kita kembali ke yahoo messenger tutorial memakai yahoo messenger biasa sebagai mana saya sebutkan di awal.
Biasanya sortcut yahoo messenger sudah terpampang di layar komputer dekstop anda. Klik dua kali atau klik kemudian tekan enter untuk masuk menjalankan software ini. Untuk pengetahuan yang lebih lanjut anda bisa menggunakan software-software chat (chat client) yang lainnya selain yahoo messenger.

Ketiga. Setelah melakukan langkah kedua anda kemudian akan dihantarkan pada sebuah windows yang berdiri tegak disebelah kanan (ini biasanya) yang bertuliskan Yahoo! Messenger lengkap dengan icon smile kuning yang tertawa lebar dengan mulut merahnya. Disitu anda bisa lihat ada kolom dengan tulisan Yahoo ID dan Password. Nah apa perlunya Yahoo ID ini beserta passwordnya. Yahoo ID adalah sebuah identitas atau mungkin bisa dikatakan adalah roh atau tubuh kamu yang akan memasuki sebuah dunia baru. Layaknya sebuah masyarakat anda harus memiliki tubuh beserta identitas yang dikenal oleh masyarakat atau komunitas tersebut agar dapat memasuki dan melalang buana didalamnya. Untuk itu anda juga memerlukan registrasi atau pendaftaran terlebih dahulu agar dapat menjalankan identitas anda di dunia yahoo messenger.

Yahoo ID dapat anda peroleh melalui pendaftaran lewat Get a new Yahoo! ID, dan ikuti petunjuk selanjutnya. Anda juga bisa menggunakan alamat email anda untuk memasuki dunia Yahoo Messenger. Tentunya dengan catatan alamat email anda tersebut adalah email yang beralamat di yahoo. Entah itu xxx@yahoo.com , xxx@yahoo.co.id, xxx@yahoo.us atau yang lain sebagainya. Cukup gunakan alamat awal saja tanpa diikuti @yahoo.com jika anda ingin memasuki dunia yahoo messenger. Password yang anda gunakan sama dengan password email anda. Akan tetapi saya sarankan untuk membuat ID baru dan password baru karena sangat riskan menggunakan ID dari email yahoo anda.
Jika bingung silahkan clik link berikut untuk daftar atau Buat Yahoo Messenger Account atau ID:
Click untuk Daftar atau Buat ID Yahoo Messenger
Keempat. Anda masukkan ID yahoo anda dan passwordnya pada tempatnya kemudian tekan enter. Tunggu beberapa saat sampai anda masuk ke dunia yahoo (ditandai dengan perubahan windows yahoo messenger anda. Jika tidak bisa maka ulangi beberapa kali sampai bisa masuk. Jika tidak bisa cek koneksi anda atau cek software yahoo messenger anda.
Kelima. Untuk mencari teman, anda harus masuk ke chat room atau anda bisa melakukan Instans Message jika telah mengenal ID teman anda. Cara masuk ke chat room maupun cara menggunakan instans message bisa dilihat diartikel saya yang lain. Jika ada permintaan atau pertolongan silahkan ketikkan komentar dibawah ini sehingga bisa ada yang menolong kesulitan anda (dan ini tidak harus saya, bisa juga temen-temen yang lain).
Cara masuk Chat Room
Yahoo Messenger >> Messenger >> Yahoo Chat >> Join a Room >>

Tunggu sampai list roomnya muncul kalau gak muncul tutup windows tersebut dan ulangi lagi langkah diatas sampai muncul..
Kalau mau nge-room di Room Regional [ klik tanda + jangan namanya]
Klik Regional >> Indonesia  >> Yogyakarta >> Yogyakarta:20
Pilih salah satu dari list room Yogyakarta yang tersedia. Klik tanda + di sebelah kiri Yogyakarta(128)[w2], untuk melihat Room Yogyakarta yang tersedia. Catatan (128 ) merupakan indikasi bahwa ada sebanyak 128 Username atau ID di Regional Yogyakarta. Sedang [w2] mengindikasikan ada sebanyak 2 ID yang memasang webcam. Setelah itu klik aja 2x Room yang pengen anda masuki atau Klik Go to Room

Sebelum masuk room anda biasanya dikasih window baru. Klik Enter aja kalau udah selesai lodingnya.

Untuk yang pertama kali masuk room, musti ikuti link verivikasi om yahoo. Liat Gambar Di Bawah ini yang ada tulisan http://captcha…dst. Nah klik aja link tersebut dan Jangan Tutup Windows ChatRoom Tersebut!. Hal ini dibutuhkan karena sekarang membutuhkan verivikasi untuk bisa masuk room.. Jika anda telah mengklik link tersebut, biasanya secara otomatis akan dibukakan browser Internet dengan alamat yang dimaksud. ikuti petunjuknya.. dan cling anda bisa masuk ke room.

Jika sudah dihantarkan ke Page Internet Browser yang terdapat code Verifikasi Captcha. Masukkan kodenya dan klik Submit.

(Terkadang, terutama jika anda pengguna yahoo messenger versi 9 atauversi 10, gambar verifikasi code tersebut bisa saja langsung tampil di chat room yang anda masuki, tanpa musti anda click / membuka browser internet untuk melihat dan memasukkan kodenya. Liat gambar dibawah ini)
chat room verifikasi code yahoo messenger
Jika anda melakukan apa yang saya perintahkan secara benar maka di Chat Room akan terlihat tulisan sebagaimana terlihat pada gambar berikut:

Selamat!! Anda sudah siap untuk Chatting di Chat Room. Untuk Tutorial lebih lanjut serta software-software yang dibutuhkan di yahoo messenger silahkan kunjungi Free Yahoo Tools | MessengeRoo |MessengeRedia |
Tambahan: Jika anda mendapati pesan “This Request was Refused” dalam bahasa indonesia jika anda menggunakan yahoo messenger indonesia language biasanya berbunyi “Permintaan anda ditolak” / ”Pemintaan ini Ditolak”, anda perlu memastikan tanggal lahir anda terlebih dahulu, jika umur anda kurang dari 18 Tahun maka kemungkinan error ini terjadi karena anda belum cukup umur. Error ini juga bisa muncul jika anda melakukan kegiatan yang di anggap illegal oleh Yahoo semisal spamming, booting dll. Solusinya, Ubah tanggal lahir anda sehingga jadi 18 tahun keatas (setahu saya mustahil anda bisa mengganti tanggal lahir anda), jadi solusinya adalah buat ID baru dengan umur 18 tahun keatas dan gunakan lagi untuk join ke chat room, semoga anda berhasil kali ini..

sumber :
http://haqiqie.wordpress.com/2007/08/24/belajar-chat-cara-di-yahoo-messenger-untuk-pemula-langkah-langkah-yang-diperlukan/

mailing Lish

mailing Lish

Diskusi dan interaksi antarmanusia dapat dilakukan melalui jaringan Internet. Salah satu media yang paling sederhana untuk melakukan diskusi adalah e-mail menggunakan jasa mailing list server yang dapat menampung ribuan orang dalam berdiskusi melalui e-mail sekaligus.
Pada tahun 1987-1988, ketika Internet masih belum berkembang seperti sekarang ini, sekelompok kecil mahasiswa Indonesia di Berkeley,CaliforniaAmerika Serikat membentuk mailing list Indonesia yang pertama[rujukan?] dengan alamat e-mailindonesians@janus.berkeley.edu.
Berawal dari milis pertama di Janus diskusi-diskusi antar teman-teman mahasiswa Indonesia diluar negeri pemikiran alternatif berserta kesadaran masyarakat ditumbuhkan. Pola milis ini ternyata terus berkembang dari sebuah milis legendaris di janus, akhirnya menjadi sangat banyak sekali milis Indonesia terutama di host oleh server di ITB & egroups.com. Milis ini akhirnya menjadi salah satu sarana yang sangat strategis dalam pembangunan komunitas di Internet Indonesia.
Persatuan komunitas pelajar dan mahasiswa Indonesia di luar negeri terbentuk dengan adanya fasilitas diskusi maya ini. Awal diskusi sangat membangun dan berjiwa nasionalis. Tema-tema yang diangkat lebih banyak mengenai dialog antarumat beragama.





Beberapa Jenis Milis di Indonesia
Di samping mailing list bertema keagamaan, juga banyak terbentukmailing list Indonesia yang sifatnya keilmuan seperti:


  1. pau-mikro@ee.umanitoba.ca – yang di kemudian hari menjadimailing list awal para hacker (peretas) Indonesia.
  2. ids@listserv.syr.edu - jaringan kajian pembangunan Indonesia.
Dengan adanya Internet di Indonesia pada tahun 1993-1994 dan kepulangan para mahasiswa yang belajar di luar negeri ke Indonesia,mailing list Indonesia secara bertahap terbentuk di Indonesia. Dua buahkomputer Pentium II di Institut Teknologi Bandung (ITB) yang merupakan sumbangan Alumni Institut Teknologi Bandung telah menyumbangkan banyak jasanya untuk pembentukan awal komunitas maya Indonesia sehingga jumlahnya mencapai ratusan mailing list. Beberapa mailing listyang bertahan di ITB sampai hari ini adalah itb@itb.ac.id dandosen@itb.ac.id.
Sebagian besar mailing list di atas telah menjadi sejarah. Keberadaan dan arsip banyak mailing list Indonesia di masa lalu dulu dapat dilihat di
Pada hari ini, forum komunitas maya Indonesia lebih banyak bertumpu pada fasilitas gratis yang diberikan oleh yahoogroups.com yang dapat diakses di http://groups.yahoo.com/ dan Google pada mesinhttp://groups.google.com/. Di Indonesia jasa diskusi mailing list gratis dilakukan oleh mesin http://groups.or.id/ yang diletakan di Internet Service Provider CBN.

Cara Menggunakan

  1. Mendaftar pada group yang diminati, biasanya terdapat pada yahoogroups.com. Pada tahap ini anggota baru akan diminta mengisi database agar informasi dari semua anggota terangkum dengan rapi.
  2. Mengirim pesan ke milis jika ada sesuatu yang ingin disampaikan seperti info lomba, berita kesehatan, dan lain-lain. Setiap anggota milis berhak menulis apa saja di milis asalkan berita tersebutakurat.
sangat membantu anda berlangganan dengan orang lain...

Kegunaan Milis

Melalui milis, dapat diketahui beragam informasi, mulai dari lowonganpekerjaan, lowongan magang, hingga berita-berita terbaru mengenai suatu isu yang sedang hangat diperbincangkan.

Ciri Khas Milis

Milis dapat dikatakan mirip dengan forum internet karena sama-sama merupakan situs perkumpulan suatu kelompok dengan ketertarikan yang sama. Perbedaan milis dengan forum internet terletak pada adanyanotifikasi yang didapat anggota milis pada email mereka masing-masing. Anggota milis dapat memilih apakah ia ingin setiap tulisan terbaru di milis masuk ke dalam notifikasi email mereka atau tidak.
Sebuah ''mailing list'' hanyalah merupakan daftar dari alamat ''e-mail''orang yang tertarik pada subjek yang sama, adalah anggota darikelompok kerja yang sama, atau yang mengambil kelas bersama-sama. Ketika seorang anggota daftar mengirim catatan ke grup alamat khusus, e-mail akan disiarkan ke semua anggota daftar. Kunci keuntungan dari milis atas hal-hal seperti diskusi berbasis web adalah bahwa sebagai pesan baru akan tersedia mereka segera disampaikan kepada para peserta ’kotak surat’.
Sebagian besar anggota milis merasa info-info dari milis tersebut hanya dapat memenuhi muatan email sehingga banyak yang memilih untuk tidak mendapatan notifikasi dari setiap info terbaru dari milis. Padahal, tidak semua orang sempat mengecek pembicaraan terbaru di milis sehingga notifikasi di email sebetulnya mempermudah anggota suatu milis agar mereka tak ketinggalan satu info pun.

Dua macam milis

Ada dua macam pengertian jenis milis.
  1. Sebagai daftar pengumuman, di mana sebuah "mailing list" yang digunakan banyak orang sebagai penerima untuk buletin, majalah atau iklan. Secara tradisional, hal ini dilakukan melalui sistem pos, tetapi dengan munculnya e-mail, milis elektronik menjadi populer.
  2. Sebagai sarana yang memungkinkan anggota untuk melakukan meng-unduh dan memuat data yang didapat kemudian disiarkan ke semua anggota milis lain. Kategori kedua ini biasanya dikenal sebagai daftar diskusi.
  Listwashing Listwashing (pembersihan data) merupakan sebuah prosesdi mana data individu dalam entri milis dihapus. entri data yang dihapus ini biasanya berisi alamat e-mail atau nomor telepon dari orang-orang yang belum secara sah mendaftar dalam milis tersebut. Sebuah entri dihapus dari daftar setelah keluhan diterima. Hal ini dilakukan karena seringkali ada e-mail berisi spam atau info-info yang dianggap tidak penting oleh orang yang mengajukan keluhan. Semua e-mail tersebut memenuhi kotak masuk (inbox) orang tersebut sehingga ia merasa terganggu dan merasa berhak meminta agar semua e-mailtersebut tidak dimasukkan lagi ke dalam milis.

Kelebihan

  1. Semua anggota di suatu milis dapat menerima informasi-informasi yang hanya disiarkan di milis tersebtu karena ketika seorang anggota di dalam daftar mengirim catatan ke grup tersebut, e-mail akan disiarkan ke semua anggota daftar.
  2. Para anggota milis akan selalu merasa terkinikan (up-to-date) dengan adanya diskusi berbasis web ini, yang membuat setiap berita yang masuk ke dalam milis menjadi pesan baru di setiapinbox anggotanya.

Kekurangan

  1. Milis kurang praktis untuk beberapa hal. Misalnya, setiap e-mailyang terkirim ke milis akan terkirim juga ke alamat e-mail pengirim. Apabila seseorang jarang membacanya, maka inbox e-mail yang bersangkutan akan penuh terisi milis. Padahal, kapasitas email sangat terbatas. Full inbox juga dapat membuat pesan-pesan non-milis terselip, sehingga tidak terbaca. Padahal, pesan tersebut bisa jadi sangat penting.
  2. Milis tidak bersifat interaktif untuk diskusi karena seseorang tidak dapat menggolongkan pesan berdasarkan temanya. Misalnya, untuk komunikasi internal sebuah organisasi, seseorang memerlukan semacam direktori, sehingga wacana atau informasi untuk bidang hubungan kemasyarakatan (humas) tidak bercampur dengan kesekretariatan. Atau agenda-agenda yang menjadi program humas dapat dibahas lebih terperinci.
  3. Milis merepotkan pengguna jika harus me-reply (menjawab) suatu pesan karena harus menyertakan pesan sebelumnya yang telah di-reply. Jika tidak, sulit bagi orang lain untuk mengetahui pesan mana yang sedang seseorang respons. Karena saat ini pengguna milis terpusat pada jasa yahoogroups.com, pengaksesan menjadi sangat lambat. Banyak lebar pita internasional tersedot karena hal tersebut.
  4. sumber :
    http://id.wikipedia.org/wiki/Milis

etika penulisan email

Etika Penulisan Email
Netiket atau Nettiquette, adalah etika dalam berkomunikasi  melalui e-mail.  Seperti halnya berkomunikasi melalui surat atau  bertatap muka, berkomunikasi dengan e-mail butuh tatacara   sendiri. Bisa dibayangkan.  Hampir setiap hari ada jutaan e-mail dikirimkan dan diterima oleh begitu banyak orang. Maka salah-salah kata, bisa berarti fatal. Tapi memang sangat menyebalkan, jika kita menerima pesan e-mail yang pengirimnya menggunakan huruf kapital, mengirim kembali seutuhnya  pesan-pesan yang kita kirimkan, atau menjawab pertanyaan panjang kita, dengan ucapan, "saya kira begitu", atau "betul." Nah, untuk mencegah hal itu terjadi, ada baiknya kita mengetahui  beberapa di  antaranya :
  1. Jangan terlalu banyak mengutip.
  2. Perlakukan e-mail secara pribadi.
  3. Jangan gunakan huruf kapital.
  4. Jangan Membicarakan Orang Lain.
  5. Jangan gunakan CC.
  6. Jangan gunakan format HTML
  7. Jawablah Secara Masuk Akal 
sumber :
http://smpn2bantarujeg.blogspot.com/2009/05/etika-penulisan-email.html

istilah-istilah dalam Email

istilah-istilah dalam Email

1. Address
Address yang arti harafiahnya adalah alamat, pada teknologi e-mail biasanya berarti alamat e- mail yang Anda miliki. Alamat e-mail memiliki format penulisan yang sudah ditetapkan pada standar RFC 822, di mana alamat e-mail diawali dengan nama alias, diikuti dengan tanda “@” (baca et) dan diakhiri dengan penamaan domain yang sudah terdaftar.
Nama alias biasanya adalah nama lengkap Anda yang disingkat, atau nama julukan Anda, atau nama apapun yang Anda suka. Tanda “@” mutlak harus berada antara nama alias dengan nama domain. Sedangkan penamaan domain harus menggunakan nama domain yang sudah terdaftar.
2. Address Book atau Contacts
Address Book atau sering juga disebut Contacts merupakan istilah untuk daftar nama dan alamat e-mail pada sebuah program e-mail client. Kedua istilah ini umum digunakan pada berbagai macam e-mail client. Biasanya isi dari Address Book atau Contacts tidak hanya berupa nama dan alamat e-mail saja, melainkan informasi kontak tambahan seperti alamat kantor, alamat rumah, nomor telepon, dan banyak lagi.


3. Attachment
Attachment dalam bahasa Indonesia berarti lampiran. Dalam sistem e-mail, Attachment merupakan istilah untuk melampirkan dokumen-dokumen tertentu yang akan dibawa serta pada saat e-mail tersebut dikirim. Jadi, e-mail yang dikirim tidak hanya sekadar tulisan saja, melainkan dapat dilampirkan file file tertentu. Ini akan sangat memudahkan Anda dalam mendistribusikan file-file penting ke pihak lain. Jumlah file attachment dalam sekali pengiriman e-mail tidak dibatasi, namun yang biasanya dibatasi adalah ukuran file yang akan dikirim. Jadi sebaiknya, teliti dulu ukuran file attachment yang diperbolehkan untuk dikirim sebelum Anda berkirim e-mail.
4. BCC
BCC merupakan kependekan dari Blind Carbon Copy. Istilah ini merupakan sebuah fasilitas dari sistem e-mail yang memungkinkan penggunanya melakukan pengiriman e-mail yang sama ke banyak alamat, namun para penerimanya tidak bisa melihat alamat e-mail yang dituliskan pada kolom BCC ini. Tujuannya adalah untuk menyembunyikan alamat-alamat lain yang juga dikirimi e-mail serupa. Yang dapat melihat alamat pada kolom BCC ini hanyalah si pengirimnya saja.
5. Bounce E-mail
Bounce e-mail mungkin sering Anda alami pada saat menggunakan e-mail. Bounce e-mail merupakan sebuah istilah untuk e-mail yang tidak berhasil terkirim ke penerimanya dan terpental balik ke mailbox Anda. Biasanya e-mail yang balik ke mailbox Anda disertai dengan pesan pesan pemberitahuan error yang cukup informatif. Pesan error ini berasal dari e-mail server yang paling dekat dengan server di mana alamat e-mail tersebut berada. Dengan meneliti pesan bounce ini, sebenarnya Anda dapat mengetahui penyebabnya mengapa pengiriman email
sampai gagal dilakukan.
6. CC
CC merupakan kependekan dari Carbon Copy, yang artinya adalah melakukan pengiriman sebuah e-mail yang sama ke banyak alamat. Berbeda dengan BCC, fasilitas CC ini tidak menyembunyikan alamat e-mail si penerima lainnya, sehingga semua penerima e-mail dapat melihat alamat-alamat e-mail dari penerima lainnya. Fasilitas CC ini tentu sangat memudahkan Anda yang sering mengirim e-mail-e-mail yang sama ke banyak orang. Namun, yang perlu diperhatikan adalah biasanya penyedia jasa e-mail membatasi jumlah alamat e-mail yang dimasukkan ke kolom CC ini.
7. Delivery Receipt
Delivery receipt merupakan sebuah fasilitas dalam sistem e-mail yang memungkinkan pengirim e-mail menerima informasi bahwa si penerima e-mail yang ditujunya telah men-download email yang Anda kirim dan telah disimpan dalam program mail client-nya. Fasilitas ini sangat berguna bagi Anda yang sering mengirimkan e-mail-e-mail yang sangat penting dan ingin memonitor kepastian sampainya e-mail tersebut.
8. Distribution List atau Mailing List atau Groups
Ketiga istilah di atas merupakan fasilitas yang memungkinkan Anda membuat sebuah alamat e-mail yang mewakili banyak sekali alamat lain di dalamnya. Dengan demikian, ketika Anda mengirimkan e-mail ke alamat tersebut, maka secara otomatis semua alamat di belakangnya akan menerima e-mail yang sama. Fasilitas ini sangatlah populer di kalangan pengguna Internet sebagai ajang pertukaran informasi antar sesama. Biasanya mailing list dibuat berdasarkan kesamaan interest antar sesama anggotanya, atau sebuah kelompok kerja, kelompok sekolah, dan banyak lagi. Fasilitas mailing list atau group banyak tersedia di Internet saat ini. Namun yang paling populer adalah fasilitas dari Yahoo!, yaitu Yahoogroups. Anda dapat menggunakannya secara cuma-cuma dengan mengakses alamat http://groups.yahoo.com.
9. Domain (Nama Domain)
Domain merupakan sebuah sistem penamaan dalam dunia internet. Nama domain biasanya digunakan untuk mewakili alamat-alamat IP dari perangkat jaringan dan server yang berupa angka-angka panjang. Dengan adanya nama domain, para pengguna Internet tidak perlu mengingat angka-angka panjang tersebut, cukup mengingat nama domain-nya saja.
10. Draft
Draft biasanya berarti sebuah rancangan e-mail yang sudah ditulis oleh si pengirim namun belum diselesaikan dan belum bermaksud untuk dikirimkan. Biasanya fasilitas ini ada pada setiap program mail client yang ada saat ini.
11. Exchange Server
Exchange server merupakan sebuah nama program buatan Microsoft yang banyak digunakan untuk membuat sebuah e-mail server. Dengan menggunakan Exchange server yang berjalan di atas operating system Windows, Anda dapat membuat e-mail server sendiri. Program-program e-mail server lain sudah banyak tersedia saat ini seperti Sendmail dan Qmail pada dunia open source, Lotus Notes keluaran IBM, dan banyak lagi.
12. Filters
Merupakan istilah untuk menyaring email- e-mail yang masuk. E-mail yang masuk ke mailbox Anda terkadang perlu untuk disaring agar dapat dibaca dengan lebih nyaman. Biasanya e-mail-e-mail yang disaring adalah e-mail-e-mail sampah seperti e-mail promosi, e-mail porno, e-mail penipuan, dan banyak lagi. Penyaringan ini biasanya dilakukan oleh program mail client, atau jika penyedia jasa memiliki fasilitas tersebut bisa juga filtering dilakukan di jaringan mereka. Tujuannya adalah agar link Internet Anda tidak dipenuhi dengan email- e-mail sampah.
13. Folder
Folder merupakan istilah untuk partisipartisi tempat penyimpanan e-mail yang diterima. Partisi tersebut dapat digunakan untuk mengelompokkan e-maile- mail yang masuk. Proses filter dan rule dapat berjalan dengan sempurna jika ada folder-folder yang memilah-pilah email. Arsip-arsip e-mail yang masuk menjadi sangat rapi dan nyaman dibaca di kemudian hari.

14. Forward
Untuk meneruskan sebuah e-mail ke orang lain, carilah istilah ini pada program e-mail client Anda. Istilah ini memang memiliki arti melakukan penerusan sebuah e-mail ke penerima lain. Jadi, Anda tidak perlu susah-susah mendistribusikan e-mail-e-mail yang telah masuk.
15. Headers
Secara harafiahnya headers berarti kepala atau awal. Dalam dunia e-mail, header berarti kepala e-mail. Sebuah email pasti memiliki kepala e-mail yang biasanya berisikan informasi-informasi penting. Informasi mengenai mail server apa yang digunakan untuk mengirim email, jam berapa e-mail tersebut dikirim, dari mana asal e-mail tersebut, melalui server-server apa saja e-mail tersebut berjalan, dan banyak lagi. Semua informasi tersebut dapat dilihat dari header sebuah e-mail. Sangat penting untuk keperluan troubleshooting atau penyidikan.
16. HTML email
Jika Anda melihat sebuah e-mail berisikan beberapa gambar dengan teks-teks bervariasi warna dan ukurannya, kemungkinan besar Anda sedang membaca sebuah HTML e-mail. E-mail jenis ini dibuat dalam format dan coding yang sama dengan sebuah halaman web, membuat pembaca e-mail-nya merasa nyaman ketika membaca e-mail tersebut.
17. IMAP
IMAP kependekan dari Internet Messege Access Protocol merupakan sebuah metode pengaturan e-mail-e-mail yang Anda terima beserta sistem folderfoldernya di mana e-mail tersebut ditampung dalam sebuah server.
18. Inbox
Inbox merupakan istilah untuk kotak suratelektronik yang menampung pesan-pesan e-mail yang Anda terima. Folder Inbox ini umumnya ada di semua program e-mail client yang ada saat ini, atau juga dalam webmail-webmail yang umum digunakan.
19. Junk Mail
Junk mail dapat berarti juga e-mail sampah, yaitu email-email yang dianggap tidak perlu bahkan mengganggu oleh si penerimanya. Biasanya yang termasuk dalam kategori Junk mail bisa berupa email iklan dan promosi, e-mail penipuan, e-mail nyasar, e-mail notifikasi yang tidak perlu, dan banyak lagi.
20. Mailbox
Istilah Mailbox biasanya digunakan untuk menyatakan sebuah account e-mail dengan kapasitas penampungan tertentu yang dibuat di mail server dari penyedia jasa Internet.
21. Mail Client
Mail client adalah istilah yang digunakan untuk menyebut sebuah program penarik dan pengirim e-mail yang biasanya harus diinstal dalam PC yang Anda gunakan. Program mail client ini sangat banyak sekali beredar di pasaran. Ada yang gratis dan ada pula yang mengharuskan Anda membayar untuk dapat memilikinya. Program mail client yang merupakan bawaan dari operating system Windows adalah Outlook Express.
22. Mail Server
Sesuai dengan namanya, mail server merupakan seperangkat server atau PC dengan program khusus untuk melayani proses pengiriman dan penerimaan email. Server atau PC yang diinstali
program tersebut akan bekerja meneruskan, menarik, menerima, dan mendistribusikan e-mail-e-mail para penggunanya. Tersedia program cukup banyak untuk membuat sebuah mail server. Pada Windows, Microsoft Exchange merupakan program mail server yang banyak digunakan. Di Linux dan sistem open source juga banyak program sejenis, seperti Qmail, Sendmail, dan banyak lagi.
23. Mail Transfer Agent (MTA)
MTA merupakan istilah untuk seperangkat sistem yang terdiri dari server dan program yang bertugas meneruskan atau menghantarkan pesan e-mail. Ketika MTA menerima pesan e-mail dari para penggunanya, pesan tersebut ditampung sementara olehnya untuk dianalisis siapakah penerima dari pesan e-mail ini. MTA akan melakukan dua aksi, menghantarkannya langsung ke mailbox penggunanya (alamat e-mail lokal yang ada dalam server atau jaringan lokal), atau meneruskan ke MTA lain yang menyimpan mailbox dari alamat yang dituju (menjalankan proses routing email).
24. Outbox
Outbox merupakan lawan kata dari Inbox. Outbox berarti juga folder atau tempat penampungan sementara e-mail-e-mail yang mau dikirimkan oleh pengguna. Folder Outbox biasanya ada pada kebanyakan program mail client. Isi dari folder ini biasanya hanya sesaat karena jika e-mail sudah terkirim, maka e-mail tersebut sudah tidak berada di folder ini lagi.
25. Outlook
Outlook merupakan nama sebuah program mail client yang ada pada operating system Windows. Program Outlook terbagi menjadi dua jenis, Outlook Express yang merupakan programstandar yang langsung ada pada Windows ketika Anda menginstalnya. Satu jenis lagi adalah Microsoft Outlook yang merupakan program bawaan dari Microsoft Office. Outlook merupakan program mail client yang cukup luas digunakan saat ini.
26. Plain-text Mail
Jika Anda menerima e-mail yang hanya berisikan teks dengan satu jenis font saja tanpa ada gambar atau objek laindi dalamnya, kemungkinan besar Anda telah menerima Plain-text mail, istilah untuk e-mail yang hanya berformat teks saja. Kelebihan dari e-mail jenis ini dapat dikirim dan diterima dengan lebih cepat karena berukuran kecil dan sederhana. Kekurangannya adalah
kurang informatif tanpa gambar dan objek lain di dalamnya.
27. POP3
POP merupakan kependekan dari Post Office Protocol, sedangkan angka 3 menunjukkan nomor versinya. POP3 merupakan sebuah protokol yang digunakan untuk proses penerimaan email. Jika ingin menarik e-mail dari ISP atau penyedia jasa e-mail ke komputer Anda, maka Anda harus memasukkan alamat server POP3 milik mereka. Servis POP3 umumnya menggunakan port komunikasi TCP 110.
28. Preview Pane
Preview pane biasanya berada dalam program mail client seperti Outlook, Evolution, dan banyak lagi. Preview pane adalah sebuah halaman preview yang digunakan untuk membaca pesan e-mail tanpa harus membuka satu halaman baru. Kebanyakan program mail client memungkinkan Anda untuk menonaktifkan halaman preview pane ini.
29. Sent Items
Sent items biasanya merupakan nama dari sebuah folder pada program mail client seperti Outlook dan yang lainnya. Folder ini berisikan pesan-pesan e-mail yang telah berhasil Anda kirimkan ke tujuannya. Ketika belum berhasil, pesan tersebut berada pada folder Outbox, sesaat setelah berhasil maka pesan tersebut akan langsung berada di folder Sent items.
30. Signature
Signature atau tanda tangan memiliki arti dan kegunaan yang sama dalam komunikasi e-mail. Signature pada email biasanya berupa identitas pengirim yang harus selalu dituliskan diakhir pesan email. Untuk membuat Anda tidak mengetik berulang-ulang, biasanya disediakanlah fasilitas pembuat signature pada program mail client. Signature dapat dibuat dalam bentuk teks biasa, dalam format HTML atau dalam bentuk file gambar. Setelah signature dibuat, pasangkan pada setiap e-mail yang Anda kirim, maka tidak perlu repot-repot lagi membuatnya pada setiap e-mail.
31. SMTP
Simple Mail Transfer Protocol merupakan kepanjangan dari SMTP. Fungsinya adalah sebagai protokol yang mengatur pengiriman pesan-pesan e-mail. Jika Anda membuat mail server sendiri untuk melakukan pengiriman, pasti Anda harus mengaktifkan servis SMTP dengan nomor port TCP 25 pada server tersebut. Ketika Anda ingin mengirimkan sebuah pesan e-mail, maka kali pertama yang dilakukan program mail client adalah menghubungi server yang membuka servis SMTP. Setelah komunikasi terjalin, pesane-mail langsung diteruskan ke server
tersebut. Kemudian pada server SMTP, pesan e-mail tersebut akan diteruskan ke alamat yang dituju.
32. Vacation Messege
Pernahkah Anda menerima pesan balasan dari orang yang Anda kirimi e-mail yang menyatakan orang tersebut sedang tidak berada di kantor atau sedang berlibur, atau yang sejenisnya? Jika pernah, maka Anda telah menerima Vacation message dari orang yang Anda kirimi tersebut. Fasilitas ini memang sangat berguna untuk menginformasikan kepada pengirim e-mail bahwa Anda sedang tidak bisa membaca e-mail karena satu dan lain hal. Dengan adanya pesan ini, maka si pengirim tidak perlu menunggu-nunggu balasan e-mail dari si penerimanya.
Jika Anda pernah membuka halaman web mail milik Yahoo! atau Gmail, maka tidak salah lagi halaman tersebut merupakan halaman web khusus untuk melayani Anda untuk mengirim dan menerima email. Web-based e-mail ini memudahkan Anda untuk membaca dan mengirim e-mail karena tidak perlu dilakukan di komputer yang menjalankan program mail client. Di manapun asalkan Anda terkoneksi dengan internet, e-mail-e-mail Anda bisa dibaca dan dikirim melalui account e-mail Anda. Kenali Istilah Kenali Fungsi Karena teknologi e-mail merupakan sebuah teknologi yang boleh dikatakan mengubah gaya hidup manusia modern saat ini dalam berkomunikasi, maka banyak istilah dan fasilitas baru yang muncul. Jika pada proses pengiriman surat biasa tidak ada istilah dan fasilitas ini, maka Anda akan banyak menemukannya di proses pengiriman e-mail. Untuk itu, tidak ada salahnya untuk Anda mengenal dan mengetahui beberapa istilah-istilah penting yang umum digunakan dalam teknologi e-mail. Keuntungannya adalah Anda menjadi bertambah lancar dan fasih menggunakan e-mail untuk berkomunikasi
sumber:http://khamidahnur-ipa.blogspot.com/2011/09/istilah-istilah-di-email.html